Cerite Asal Usul Jeme Pasemah
Cerite Asal Usul Jeme Pasemah
Cerita Asal Usul Suku Pasemah
Tekan tombol putar di bawah untuk memutar audio bacaan cerita
Di
suatu mase di lembah Gunung Dempo ye subur tanahe, jernih nga bersih ayike,
sejuk pule udarenye, iduplah sutik bangse ye disebut Jeme Dempo. Anye,
kehidupan Jeme Dempo dihantui nga rase takut li wilayah Gunung Dempo
digentayangi nga sekelumpuk hantu ye disebut Masumai ye galak nculik jeme.
Pada suatu masa di Lembah Gunung Dempo yang subur tanahnya,
jernih bersih air sungainya, dan sejuk udaranya hiduplah suatu bangsa yang
disebut Orang Dempo. Namun, kehidupan Orang Dempo dihantui rasa takut karena
wilayah kaki Gunung Dempo digentayangi oleh sekelompok hantu yang disebut
Masumai yang suka menculik manusia.
Masumai idup di puncak
Gunung Dempo. Badane gedang nga tinggi, dipenuhi nga bulu bewarne itam, di
palake ade pule cula. Masumai ndik bejalan, anye melayang cepat. Masumai
biasenye mulai begentayangan bile aghi lah nak petang njelang malam. Mangke itu
Jeme Dempo selalu tinggal nga belindung di dalam gua waktu mateaghi mulai
tebenam. Jeme Dempo takut diculik nga rumbungan Masumai. Sebenare rumbungan
Masumai tu hantu ye baik nga rajin sembahyang sesuai nga keyakinane. Masumai
biase melakuka ritual persembahan nga penjage Gunung Dempo mangke gunung tu
ndik meletup. Anye Masumai meghase teganggu sewaktu manusie datang, Masumai
teganggu nga embau asap jakdi manusie ye manggang daging li ndak mbuat makanane.
Masumai hidup di puncak Gunung Dempo. Tubuhnya besar dan tinggi
dipenuhi oleh bulu berwarna hitam, dan memiliki satu cula di kepalanya. Masumai
tidak berjalan namun melayang dengan cepat. Masumai biasanya mulai
bergentayangan saat senja hingga malam hari. Oleh karena itu Orang Dempo selalu
tinggal dan berlindung di dalam gua saat matahari mulai terbenam. Mereka takut
akan diculik oleh rombongan Masumai. Sebenarnya gerombolan Masumai adalah hantu
yang baik dan rajin beribadah sesuai dengan keyakinannya. Mereka biasa
melakukan ritual persembahan kepada penjaga Gunung Dempo agar gunung itu tidak
meletus. Namun Masumai merasa terganggu saat manusia datang, Masumai terganggu
oleh bau asap dari manusia yang memanggang daging sebagai makanannya.
Di
suatu malam, Raje Masumai manggil bebeghape pengawal Masumai.
“Oi,
pengawal, embau becikat jakdimane tini?” tanye Raje Masumai nga pengawale,
“Petapaan
kite ka teganggu nga embau tini,” Raje Masumai ngicik agi.
“Kami
ndik keruan, wahai Raje,” jawab bebeghape pengawal Masumai.
“Ame
luk itu, cepatlah cakagh asale!” ajung Raje Masumai marah.
“Au,
ka secepate kami laksanakah, Paduke,” uji pengawal Masumai.
Pada suatu malam, Raja Masumai memanggil beberapa pengawal
Masumai.
“Wahai Pengawal, bau menyengat
dari mana ini?” tanya Raja Masumai kepada pengawalnya,
“Pertapaan kita akan terganggu oleh bau ini.” tambah Raja
Masumai.
“Kami tidak tahu, wahai Raja,”
jawab beberapa pengawal Masumai.
“Jika seperti itu, segera cari
asalnya!” perintah Raja Masumai dengan amarah.
“Baiklah, segera kami
laksanakan, Paduka,” kata pengawal.
Udim itu pasukan Masumai
pegi ncakagh siape pelaku ye mbuat embau asap tu. Akhire keruan nga Masumai embau tu berasal jakdi kerjean manusie ye manggang daging. Ndengagh suare tu,
Raje Masumai marah. Jakdi itu pasukan Masumai galak nggentayangi nga nculik
manusie. Manusie ye diculik tu ka dijadika suruhan Masumai mangke ka ngikuti tuape
ye diajung Raje Masumai secare ndik sadar. Jeme Dempo mulai ketakutan jakdi waktu
itu, Jeme Dempo ndik beghani keluagh jakdi gua waktu mateaghi mulai tebenam.
Kemudian
para pasukan Masumai pergi untuk mencari tahu siapa pelaku yang menyebarkan bau
asap itu. Akhirnya diketahuilah bahwa bau itu berasal dari kegiatan manusia
yang memanggang daging. Mendengar kabar itu, Raja Masumai murka. Sejak saat itu
pasukan Masumai sering menggentayangi dan menculik manusia. Manusia yang
diculik akan menjadi suruhan Masumai dan akan mengikuti perintah Raja Masumai
tanpa sadar. Orang-orang Dempo mulai ketakutan sejak saat itu, mereka tidak
berani keluar dari gua saat matahari mulai terbenam.
Jakdi negri
Kayangan, kaman diwe nginak kekacauan itu. Kaman diwe meghase cemas. Mahadiwe,
pemimpin kaman diwe udim tu ngutus tige diwe kandik ngiluki keadaan itu. Tige
diwe tu bename Diwe Gumay, Diwe Semidang, nga Diwe Atung Bungu. Anye Mahadiwe
bepesan nga ketige diwe tu mangke ndik nyakiti siape saje, ndak itu manusie
atau Masumai li segalenye ciptaan Tuhan. Udim tu tughunlah ketige diwe tu ke
Bumi.
Dari negeri Kayangan, para dewa melihat kekacauan itu. Para dewa
merasa khawatir. Mahadewa, sang pemimpin para dewa lalu mengutus tiga dewa
untuk memperbaiki keadaan itu. Tiga dewa itu bernama Dewa Gumay, Dewa Semidang,
dan Dewa Atung Bungsu. Namun Mahadewa berpesan kepada ketiga dewa itu untuk
tidak menyakiti siapa pun, baik itu manusia maupun Masumai karena semuanya
adalah makhluk ciptaan Tuhan. Lalu turunlah ketiga dewa itu ke Bumi.
Ketige diwe ye
diutus Mahadiwe ndaghat di Bukit Siguntang. Udim tu ketige diwe bejalan tepisah
ke lembah Gunung Dempo, mpuk bejalan wan jalan ye ndik same, tujuan ketige diwe
tu masih same, negakkah kedamaian nga peradaban di Bumi.
Ketiga dewa yang diutus Mahadewa
mendarat di Bukit Siguntang. Lalu mereka berjalan terpisah ke lembah Gunung
Dempo, meskipun berjalan dengan jalur yang berbeda, tujuan mereka tetap sama,
menegakkan kedamaian dan peradaban di Bumi.
Diwe
Gumay bejalan ke arah barat daye sampai betemu nga Jeme Dempo nga bebeghape
suku-suku lain di tepi ayik ndik jauh jakdi Gunung Dempo. Jeme-jeme tu tinggal
di dalam gua. Diwe Gumay udim tu
ngajaghi jeme-jeme tu mbuat ghumah panggung mangke jeme tu ndik agi tinggal di
dalam gua nga aman jakdi bencane ayik rawang nga hiwan belih. Jeme tu diajaghka
pule care nanam taghuk nga bebuahan mangke ade banyak bahan makanan. Udim tu
betegaklah sebuah dusun ye dipimpin diwe Gumay.
Dewa Gumay mengembara ke arah
barat daya hingga ia bertemu dengan Orang-orang Dempo dan beberapa suku-suku
lain di pinggiran sebuah sungai tak jauh dari Gunung Dempo. Orang-orang itu
tinggal di dalam gua. Dewa Gumay lalu mengajari mereka membuat rumah panggung
agar mereka tidak lagi tinggal di dalam gua dan aman dari bencana banjir dan
hewan liar. Mereka juga diajarkan cara menanam sayur dan buah supaya tersedia
bahan makanan yang melimpah. Lalu berdirilah sebuah kampung yang dipimpin oleh
Dewa Gumay.
Di suatu malam,
ndik diantak-antak tecium embau kemenyan ye becikat di dusun itu. Tedengagh
suaghe jeme ye bedembagh mintak tulung. Nyatenye sughang anak lah diculik nga
rumbungan Masumai. Ndengagh itu, Diwe Gumay njadi marah kata.
Suatu malam, tiba-tiba tercium bau kemenyan yang menyengat di
kampung itu. Terdengar suara warga yang berteriak meminta tolong. Ternyata
seorang anak telah diculik oleh rombongan Masumai. Mendengar hal itu, Dewa
Gumay menjadi sangat marah.
Dami di arah
selatan Diwe Semidang dang bejalan udim tu betemu nga Jeme Dempo nga suku-suku
laine pule. Di badah itu pule Diwe Semidang betemu nga sughang bidadari ye dang
tughun ke Bumi, seudime Diwe Semidang dediam ngambik selindang ndik bidadari
itu, singge bidadari tu dide pacak balik ke Kayangan. Udim tu nikahlah bidadari
tu nga Diwe Semidang, laju bidadari tu tinggal di Bumi. Di selatan Gunung
Dempo, Diwe Semidang negakka dusun pule nga jeme-jeme ye lah ndulu idup di
situ. Diwe Semidang nga binie ngajaghi jeme kambangan di situ luk mane negakka
ghumah panggung nga care nanak.
Sementara itu, di arah selatan Dewa Semidang sedang mengembara
lalu juga bertemu dengan Orang Dempo dan suku-suku lainnya. Di daerah itu pula
Dewa Semidang bertemu dengan seorang bidadari yang sedang turun ke Bumi, lalu
Dewa Semidang diam-diam mengambil selendang milik bidadari itu, sehingga
bidadari itu tidak bisa kembali ke Kayangan. Lalu menikahlah bidadari itu
dengan Dewa Semidang dan menetap di Bumi. Di daerah selatan Gunung Dempo, Dewa
Semidang juga mendirikan sebuah kampung bersama orang-orang yang telah lebih
dulu ada di sana. Dewa Semidang bersama istrinya mengajari orang-orang di sana
cara membangun rumah panggung dan cara memasak.
Diwe Semidang
akhire nghulih anak jakdi binie. Anye di sutik malam, dusun Diwe Semidang
diserbu nga rumbungan Masumai, anak Diwe Semidang diculik nga rumbungan tu.
Diwe Semidang njadi seding.
Dewa Semidang akhirnya mempunyai seorang anak. Namun pada suatu
malam, kampung Dewa Semidang diserbu oleh gerombolan Masumai, anak Dewa
Semidang diculik oleh gerombolan itu.
Dewa Semidang menjadi sangat sedih. Setelah kejadian itu, Dewa Semidang
kembali mengembara dengan tujuan ingin membalas dendam kepada Masumai.
Di badah lain. Diwe Atung Bungsu dang bejalan pule
diikuti nga bebeghape rumbungan Jeme Dempo. Jeme kambangan tu ncakagh daghat ye
subur nga ade ayik ye jeghenih. Sampailah rumbungan tu di badah ye subur tanahe
nga jeghenih ayike. Mangke sughang jakdi rumbungan itu nginak ikan ye bentuke
lain di ayik tu, mangke jeme tu betanye nga Diwe Atung Bungsu.
Di bagian lain, Dewa Atung
Bungsu juga mengembara diikuti oleh beberapa rombongan Orang Dempo. Mereka
mencari daratan yang subur dan memiliki sungai yang jernih. Hingga tibalah
mereka di sebuah wilayah dengan tanah yang subur dan sungai yang jernih. Lalu
salah seorang dari rombongan itu melihat ikan yang bentuknya asing di sungai
itu, lalu ia bertanya kepada Dewa Atung Bungsu.
“Ikan tuape titu,
ui Diwe Atung Bungsu?” tanye jeme tu.
“Titu namenye ikan semah,” jawab Diwe Atung Bungsu.
“Ayik ini penuh nga ikan semah, mangke ka kunameka ayik
ini Ayik Besemah” uji Diwe Atung Bungsu.
“Ikan apakah itu wahai Dewa
Atung Bungsu?”, tanya seorang itu.
“Itu adalah ikan semah,” jawab Dewa Atung Bungsu.
“Sungai ini dipenuhi oleh ikan semah, maka kunamai sungai ini
Sungai Besemah” seru Dewa Atung Bungsu.
Jakdi
waktu itu, ayik itu dikenal nga name Ayik Besemah. Jeme-jeme ye ikut nga
rumbungan Diwe Atung Bungsu mulai idup badah sekeliling Ayik Besemah di
lembah Gunung Dempo, rumbungan tu laju dikenal nga name Jeme Besemah atau Jeme
Pasemah. Jeme Pasemah mulai negakka dusun di badah itu. Jeme Pasemah mangke
nunjuk Diwe Atung Bungsu njadi pemimpine. Diwe Atung Bungsu ngajaghi Jeme
Pasemah care negakka ghumah, nga care bekebun. Laju dusun itu njadi badah ye
kaye nga makmur.
Mulai dari saat itu, sungai itu dikenal dengan nama Sungai
Besemah. Orang-orang yang ikut dengan rombongan Dewa Atung Bungsu mulai tinggal
di sekitar Sungai Besemah di lembah Gunung Dempo, mereka lalu dikenal dengan
sebutan Jeme Besemah atau Pasemah (Orang Pasemah). Mereka mulai mendirikan
kampung di wilayah itu. Mereka menunjuk Dewa Atung Bungsu sebagai pemimpin
mereka. Dewa Atung Bungsu mengajari mereka cara mendirikan bangunan, rumah, dan
cara bercocok tanam. Lalu kampung itu tumbuh menjadi wilayah kaya dan makmur.
Di
sutik malam, Diwe Atung Bungsu ninggalka dusune pegi ke pucuk Gunung Dempo li
ndak betapa. Di tengah petapaanye, Diwe Atung Bungsu dikucak nga rumbungan
Masumai ye meghase tekucak nga adenye Diwe Atung Bungsu di badah itu. Masumai
ncube nyakat Diwe Atung Bungsu. Diwe Atung Bungsu sadar nga itu, anye die tetap
sungguh-sungguh betapa mangke dide meghase tesakat. Di kale lah udim betapa,
Diwe Atung Bungsu keruan ame di pucuk Gunung Dempolah Masumai tinggal.
Suatu malam, Dewa Atung Bungsu meninggalkan kampungnya untuk
pergi ke puncak Gunung Dempo untuk bertapa. Di tengah pertapaannya, ia diganggu
oleh rombongan Masumai yang terusik oleh kehadiran Dewa Atung Bungsu. Masumai
mencoba mengganggu Dewa Atung Bungsu, Dewa Atung Bungsu sadar akan hal itu,
namun ia tetap bersungguh-sungguh dalam pertapaannya sehingga tak terganggu.
Saat pertapaannya selesai, Dewa Atung Bungsu mengetahui bahwa di puncak Gunung
Dempolah Masumai tinggal.
Diwe
Atung Bungsu laju nggaghi Diwe Gumay nga Diwe Semidang li ndak ngicikka hal
itu. Udim tu ketige diwe serasan mangke Diwe Atung Bungsu sajelah ye ngudimka
masalah Masumai, li Diwe Atung Bungsu diangkan ye paling bijaksana di antare
ketige diwe tu.
Dewa Atung Bungsu lalu pergi menemui Dewa Gumay dan Dewa
Semidang untuk menyampaikan hal itu. Lalu ketiga dewa setuju agar Dewa Atung
Bungsu yang menyelesaikan masalah Masumai, karena Dewa Atung Bungsu dianggap
sebagai yang paling bijaksana di antara mereka bertiga.
Laju
di sutik malam, Diwe Atung Bungsu balik agi ke pucuk Gunung Dempo li ndak
betapa nga mancing Masumai mangke keluagh. Benagh saje, rumbungan Masumai
beghije ngancapi nga nundung Diwe Atung Bungsu, anye Masumai dide pacak nyakat
Diwe Atung Bungsu li die sakti.
Lalu pada suatu malam, Dewa Atung Bungsu kembali ke puncak
Gunung Dempo untuk bertapa dan memancing Masumai agar keluar. Benar saja,
rombongan Masumai berusaha mendekati dan mengusir Dewa Atung Bungsu, namun
Masumai tidak dapat menyentuh Dewa Atung Bungsu karena ia sakti.
“Tuape
ye kaba ndak jakdi kami, ui Diwe?” tanye salah sutik Masumai nga Diwe Atung
Bungsu.
“Aku
Diwe Atung Bungsu. Kaba ni siape?” Diwe Atung Bungsu balik betanye nga Masumai
ye ngicik.
“Aku
ini Raje Masumai,” jawab Raje Masumai.
“Ui
Masumai, ngape kamu nculik manusie?” tanye Diwe Atung Bungsu.
“Sembahyang
kami tesakat li embau jakdi daging nga asap ye dibuat manusie, embau tu ngulati
udare kami,” jawab Raje Masumai.
“Apa yang kau mau dari kami, wahai Dewa?” tanya salah satu Masumai
kepada Dewa Atung Bungsu.
“Aku adalah Dewa Atung Bungsu. Siapakah kau?” Dewa Atung kembali
bertanya pada Masumai yang berbicara.
“Aku adalah Raja Masumai,” jawab Raja Masumai.
“Wahai Masumai, kenapa kalian menculik manusia?’ tanya Dewa
Atung Bungsu.
“Peribadatan kami terganggu karena bau dari daging dan asap yang
dibuat oleh manusia, bau itu mencemari udara kami,” jawab Raja Masumai.
Diwe
Atung Bungsu terti base selame ini Masumai meghase teganggu saje nga gawihan
manusie ye njadika embau jakdi asap jeme manggang daging. Diwe Atung Bungsu
laju ngenjuk usulan nga Raje Masumai
Dewa Atung Bungsu mengerti bahwa selama ini Masumai hanya merasa
terganggu oleh kegiatan manusia yang menghasilkan bau dari asap saat mereka
memasak makanan. Dewa Atung Bungsu lalu memberi usulan kepada Raja Masumai.
“Ui
Masumai, manusie tu dide galak pule nyakat kamu. Tuhan njadika denie ini kandik
ditinggali secare tentram nga adil antare sutik makhluk nga laine. Kamu pacak
idup bedampingan. Masalah asap, aku ka ngajaghi manusie care meghebus, mangke
ndik njadika asap. Kaba sepakat ndik, ui Masumai? uji Diwe Atung Bungsu.
“Wahai Masumai, manusia juga
tidak ingin mengganggu kalian. Tuhan menciptakan dunia untuk dihuni dengan
tenteram dan adil antara satu makhluk dengan yang lainnya. Kalian bisa hidup
berdampingan. Soal asap, aku akan mengajari manusia untuk memasak makanan dengan
cara merebus, supaya tidak memunculkan asap. Apakah kau setuju, wahai Masumai?”
kata Dewa Atung Bungsu.
Ndengagh
kicikan Diwe Atung Bungsu, Raje Masumai ye sebenaghe dide jahat laju tesadar
nga sepakat nga usulan Diwe Atung Bungsu li sebenaghe kendakan Masumai tu ndak
meghase tenang saje sewaktu sembahyang.
Mendengar perkataan Dewa Atung Bungsu, Raja Masumai yang
sebenarnya tidak jahat tersadar dan menyetujui usulan Dewa Atung Bungsu. Karena
sejatinya mereka hanya ingin ketenangan dalam beribadah.
“Au,
aku terti, aku sepakat, ui Diwe” Aku ka mbalikka jeme-jeme ye pernah kami
culik, kami juge ndik ka nyakat manusie agi,” uji Raje Masumai.
“Ya, aku paham, aku setuju,
wahai Dewa. Aku akan mengembalikan orang-orang yang pernah kami culik dan kami
tidak akan mengganggu manusia lagi,” ucap Raja Masumai.
Udim
tu, Diwe Atung Bungsu nga Raje Masumai balik ke badah masing-masing kandik
nggaghi jemenye masing-masing. Diwe Atung Bungsu laju ngajaghi Jeme Pasemah
care nanak gulai nga meghebus mangke ngurangi asap ye pacak nyakat Masumai.
Jeme Pasemahpun galak benagh nga gulai ghebusan. Masumai pule mbalikka
jeme-jeme ye pernah diculike, jeme-jeme tu sihat saje.
Setelah itu, Dewa Atung Bungsu dan Raja Masumai kembali ke
tempat masing-masing untuk menemui rakyatnya. Dewa Atung Bungsu lalu mengajari
Rakyat Pasemah cara memasak dengan cara merebus untuk mengurangi asap yang
dapat mengganggu Masumai. Rakyat Pasemahpun menyukai makanan yang direbus.
Masumai juga mengembalikan orang-orang yang pernah diculik oleh mereka dalam
keadaan sehat.
Nginak
tanah Pasemah lah tenteram, Diwe Gumay nga Diwe Semidang kata banggahe nga
kewibawaan Diwe Atung Bungsu. Udim itu, ndik kelah ade agi ase takut nga kacau
di Bumi Pasemah. Jeme Pasemah njadi jeme ye bejaye nga sejahtera. Udim gawihan
ye diajung Mahadiwe nga ketige diwe lah udim dilaksaneka, ketige diwe tu
dipantau balik ke Kayangan. Jeme Pasemah lah pacak idup mandiri li diajaghka
nga dediwe. Jeme Pasemah betambah banyak, juraie lah ade di banyak wilayah, di
antarenye Kedurang, Padang Guci (Pasemah Bengkulu), Pagar Alam, Lahat, Muara
Enim, nga Empat Lawang (Pasemah Sumatera Selatan).
Melihat ketenteraman yang telah berdiri di tanah Pasemah, Dewa
Gumay dan Dewa Semidang merasa sangat bangga dengan kewibawaan Dewa Atung
Bungsu. Setelah itu, tidak pernah ada
lagi ketakutan dan kekacauan di Bumi Pasemah. Rakyat Pasemah bangkit menjadi
suku bangsa yang berjaya dan sejahtera. Setelah tugas yang diperintahkan
Mahadewa kepada ketiga Dewa terpenuhi, ketiga Dewa tersebut dipanggil kembali
ke Kayangan. Rakyat Pasemah telah dapat hidup dengan mandiri berbekal
pengetahuan yang diajarkan oleh para Dewa. Rakyat Pasemah semakin banyak dan
keturunannya menyebar ke banyak wilayah seperti Kedurang, Padang Guci (Pasemah
Bengkulu), Pagar Alam, Lahat, Muara Enim serta Empat Lawang (Pasemah Sumatera
Selatan).
- Tamat -
1 Komentar
Iluk benagh care nyampaika ceritenye. Njadi keruan nga cerite rakyat asal usul Jeme Pasemah. Lanjutka au👍
BalasHapus